Bimba Dhiwangkara. 2016004056. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Media Sosial Instagram Pada Pokok Bahasan Turunan. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran berbasis media sosial Instagram yang dapat digunakan dalam pembelajaran pada materi Turunan, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis media sosial Instagram yang dibuat. Metode dalam penelitian ini adalah metode pengembangan (Research and Development (R&D)) dengan model pengembangan ADDIE yang melalui 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation.
Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ngemplak dengan subjek peserta didik kelas XII IPA 2 dengan jumlah 31 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes hasil belajar. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran turunan berupa video yang disajikan melalui Instagram. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dibuat ini telah memenuhi 3 standar kriteria kelayakan media pembelajaran. Penilaian ahli media dan materi menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis media sosial Instagram masuk dalam kategori valid. Berdasarkan penilaian peserta didik, kelayakan media pembelajaran berbasis media sosial Instagram baik untuk digunakan. Hasil korelasi antara angket respon peserta didik dengan tes hasil belajar juga menunjukkan adanya korelasi atau hubungan yang searah dan signifikan, hal ini menunjukkan bahwa ada kesesuaian antara skor angket dengan skor tes hasil belajar. Saran untuk siswa dan guru diharapkan terbiasa menggunakan Instagram sehingga dapat menggunakannya sebagai salah satu media pembelajaran.
2020-01
Instagram, Media Pembelajaran, Turunan