PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWERPOINT INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN TEMATIK BERMUATAN IPS SISWA KELAS IV SDN 1 KADIPIRO BANTUL

Abstrak

Ajeng Arviana Indah Lufiasari. 2018015167. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Bermuatan IPS Siswa Kelas IV SDN 1 Kadipiro Bantul. Skripsi Jurusan/Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, 2022. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui proses pengembangan media pembelajaran berbasis powerpoint interaktif pada pembelajaran tematik bermuatan IPS siswa kelas IV di SDN 1 Kadipiro Bantul, (2) mengetahui hasil ujicoba kelayakan media berbasis powerpoint interaktif pada pembelajaran tematik bermuatan IPS kelas IV di SDN 1 Kadipiro Bantul, dan (3) mengetahui hasil respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis powerpoint interaktif pada pembelajaran tematik bermuatan IPS siswa kelas IV di SDN 1 Kadipiro Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Develompment (R&D) dengan menerapkan model penelitian Borg and Gall. Tahap yang dilaksanakan dalam penelitian ini meliputi (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) pengujian terbatas, (5) revisi hasil uji produk, (6) uji produk utama, dan (7) revisi produk. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 27 Januari 2022 di SDN 1 Kadipiro Bantul. Subjek dalam penelitian pengembangan ini yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian pengembangan ini yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner (angket). Instumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan lembar instrumen observasi, lembar instrumen wawancara, dan lembar instrumen kuesioner (angket). Serta teknik analisis data yang digunakan pada penelitian pengembangan ini yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis data kuantitatif. Analisis kualitatif diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan masukan atau saran dari validator atau guru kelas IV untuk perbaikan media pembelajaran. Sedangkan analisis kuantitatif diperoleh dari perhitungan kuesioner yang diberikan oleh validator, guru kelas IV dan siswa kelas IV. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi, ahli media, dan guru kelas IV terhadap produk media pembelajaran berbasis powerpoint interaktif pada pembelajaran tematik muatan IPS kelas IV dapat dinyatakan layak. Hal ini dapat dilihat dari perolehan skor rata-rata kelayakan yang diberikan oleh validator ahli materi yaitu 3,3 yang termasuk kedalam kriteria layak, oleh validator ahli media mendapatkan skor rata-rata 3,93 yang termasuk kedalam kriteria layak, dan oleh guru kelas IV mendapatkan skor rata-rata 3,73 yang termasuk kedalam kriteria layak. Sedangkan hasil ujicoba pada siswa kelas IV SDN 1 Kadipiro Bantul mendapatkan presentase respon positif 75,71% dari kriteria presentase lebih dari 50% dan dapat dikatakan bahwa respon siswa terhadap produk positif.

View / Open Files
Authors
  • Ajeng Arviana Indah Lufiasari
  • Kristi Wardhani
  • Dwi Wijayanti
Publication Date

2022-08

Keywords

Pengembangan Media Pembelajaran, Powerpoint Interaktif, Ilmu Pengetahuan Sosial