Pengembangan Media Pop-Up Book IPA Berbasis Ekowisata Bangka Botanical Garden Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 20 Merawang

Abstrak

Berliani Febiola. 2018015152. Pengambangan Media Pop-Up Book IPA Berbasis Ekowisata Bangka Botanical Garden Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 20 Merawang. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, 2022.

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan pengembangan media pop-up book IPA berbasis ekowisata Bangka Botanical Garden bagi siswa kelas IV SD Negeri 20 Merawang. 2) Mendeskripsikan kelayakan media pop-up book IPA berbasis ekowisata Bangka Botanical Garden bagi siswa kelas IV SD Negeri 20 Merawang. 3) Mendeskripsikan respon siswa terhadap media pop-up book IPA berbasis ekowisata Bangka Botanical Garden bagi siswa kelas IV SD Negeri 20 Merawang.

Pengembangan media pop-up book ini menggunakan metode penelitian pengembangan Research & Development (R&D). Langkah pengembangan produk pop-up book pada penelitian ini dibatasi menjadi enam langkah meliputi: 1) Potensi dan masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain produk, 4) Validasi desain, 5) Revisi desain dan 6) Uji coba produk. Uji coba produk dilakukan secara terbatas pada siswa kelas IV di SD Negeri 20 Merawang yang berjumlah 16 orang siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik kuesioner/angket. Instrumen penelitian menggunakan observasi, wawancara dan kuesioner/angket. Media pop-up book ini divalidasi oleh ahli media, ahli materi dan guru kelas untuk mengetahui validitas produk. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan data kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian ini adalah: (1) Pengembangan media pop-up book IPA berbasis ekowisata Bangaka Botanical Garden bagi siswa kelas IV dikembangkan berdasarkan permasalahan yang didapatkan ketika melakukan observasi. Media pop-up book IPA dikembangkan sesuai dengan kurikulum 2013 yang disusun dengan kombinasi gambar dan isi materi yang dapat bergerak atau memiliki unsur tiga dimensi, keterangan gambar, kuis, dan kamus istilah. (2) Berdasarkan hasil validasi pengembangan media pop-up book IPA layak untuk dikembangkan dengan hasil validasi ahli media mendapatkan perolehan persentase 92%, hasil validasi ahli materi mendapatkan perolehan persentase 93%, dan validasi guru kelas mendapatkan persentase 100% sehingga masuk dalam kategori “Sangat Baik”. (3) Hasil respon siswa yang diperoleh dari uji coba produk secara terbatas mendapatkan perolehan persentase 100% masuk dalam kategori “Sangat Baik”. Artinya media pop-up book IPA berbasis ekowisata Bangka Botanical Garden sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

View / Open Files
Authors
  • Berliani Febiola
  • Shanta Rezkita
  • Retno Utaminingsih
Publication Date

2023-01

Keywords

Pengembangan, Media, Pop-up Book, IPA, Ekowisata Bangka Botanical Garden