Murwanto. 2016006144. Pengembangan Modul Teknik Gambar Manufaktur Kelas XI TP SMK TKM Teknik Purworejo. Skripsi. Yogyakarta : Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Modul Teknik Gambar Manufaktur yang dapat digunakan sebagai bahan ajar pada Kelas XI TP di SMK TKM Teknik Purworejo.
Penelitian ini menggunakan jenis Research and Development memvalidasi dan mengembangkan produk. Model Pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: 1) mencari potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian, 9) revisi produk, 10) produksi massal / diseminasi produk. Analisis data menggunakan empat uji yaitu ahli materi, ahli media, uji lapangan dan uji reliabilitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul Teknik Gambar Manufaktur dinyatakan layak sebagai bahan ajar Kelas XI TP di SMK TKM Teknik Purworejo. Hal ini didasarkan pada hasil analisis berikut : (1) Berdasarkan aspek self instruction, aspek self contained, aspek stand alone, aspek adaptive dan aspek user friendly diperoleh rerata skor total 3,20 sehingga termasuk dalam kategori “Layak”, (2) berdasarkan aspek format, aspek organisasi, aspek daya tarik, aspek bentuk dan ukuran huruf, aspek ruang kosong (spasi), serta aspek konsistensi skor total tiap instrumen sebesar 19,32/6 = 3,22 dari nilai skor maksimal 4,00 sehingga termasuk dalam kategori “layak”. (3) berdasarkan rerata skor total tiap aspek dari aspek materi, aspek media dan aspek pembelajaran modul sebesar 3,29+3,34+3,23 = 9,86, rerata skor total tiap instrumen sebesar 9,86/3 = 3,28 dari nilai skor maksimal 4,00 sehingga termasuk dalam kategori “sangat layak”, (4) hasil reliabilitas menunjukkan angka 0,851 maka instrumen masukan untuk peserta didik termasuk dalam kategori “sangat reliabel”.
2019-07
modul teknik gambar manufaktur, pembelajaran, gambar teknik