ERSAT ERLANGGA ARCHEIRAWAN, NIM 2015001022. Peningkatan Aktifitas dan Keterampilan Berbicara Pada Teks Fabel dengan Model Talking Stick pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Wonosari Gunungkidul. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.
Penelitian ini memiliki dua tujuan. Tujuan yang pertama yaitu mendekripsikan (1) peningkatan aktifitas siswa terhadap keterampilan berbicara teks fabel dengan model talking stick pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Wonosari, (2) peningkatan keterampilan berbicara teks fabel dengan model Talking Stick pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Wonosari.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII G SMPN 2 Wonosari yang mengikuti pembelajaran berbicara teks fabel dengan model talking stick. Objek penelitian ini adalah peningkatan aktifitas dan keterampilan berbicara dengan model talking stick pada siswa kelas VII G SMPN 2 Wonosari. Sumber data penilaian diperoleh dari hasil observasi untuk aktifitas dalam pembelajaran. Sumber data penilaian berbicara teks fabel diperoleh dari lembar kerja siswa. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi dan validitas kontruksi. Teknik analisis data menggunakan deskripsi kualitatif dan deskripsi kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu (1) adanya peningkatan aktifitas siswa yang menggunakan model pembelajaran talking stick minimal dalam kategori tinggi dengan perolehan nilai rata-rata (≥61), (2) adanya peningkatan keterampilan berbicara teks fabel menggunakan model pembelajaran talking stick dengan ketuntasan klasikal sebesar 70% berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 70.
Hasil penelitian ini yaitu (1) penggunaan model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan aktifitas berbicara teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 2 Wonosari. Hal ini terlihat pada prasiklus hasil nilai rata-rata diperoleh sebesar 37,8 dengan kategori kurang. Pada siklus I hasil nilai rata-rata diperoleh sebesar 58,8 dengan kategori sedang. Pada siklus II hasil nilai rata-rata diperoleh sebesar 88 dengan kategori sangat tinggi. (2) model talking stick dapat meningkatkan keterampilan berbicara teks fabel pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Wonosari. Hal ini dapat dilihat dari hasil keterampilan berbicara siswa. tahap prasiklus nilai rata-rata siswa diperoleh sebesar 62,4 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 32% dalam kategori sangat kurang. Tahap siklus I nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 75,6 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 60% dalam kategori kurang. Pada tahap siklus II nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 82,3 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 76% dalam kategori tinggi.
2021-05
Peningkatan, Aktivitas, Keterampilan Berbicara, Model Talking Stick.