PENINGKATAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII D MTs NEGERI 5 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2018/2019 MELALUI PENERAPAN BAMBOO DANCING

Abstrak

Hastiti Priyani.2014016031.Peningkatan Keterampilan Berkomunikasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII D MTs Negeri 5 Bantul Tahun Pelajaran 2018/2019 Melalui Penerapan Bamboo Dancing. Skripsi Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, 2018.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Bamboo Dancing dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan hasil belajar IPA siswa kelas VII D MTs Negeri 5 Bantul Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.

Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII D MTs Negeri 5 Bantul Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 9 perempuan dan 15 laki-laki. Objek dalam penelitian ini antara lain keterampilan berkomunikasi, hasil belajar IPA dan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, teknik observasi dan teknik dokumentasi. Teknik tes digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar IPA, teknik observasi digunakan untuk mengobservasi kegiatan guru dan siswa, teknik dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data nilai siswa. Validitas butir soal diuji dengan korelasi product moment. Pada siklus I, dari 20 butir tes hasil belajar IPA diperoleh 15 butir soal valid dan 5 butir soal gugur, sedangkan pada siklus II dari 20 butir tes hasil belajar IPA diperoleh 15 butir soal valid dan 5 butir soal gugur. Reliabilitas instrumen tes hasil belajar IPA uji dengan rumus KR-20 diperoleh rtt pada siklus I 0,877 dan pada siklus II 0,859 berarti semua soal reliabel. Teknik analisis data dihitung dengan menggunakan analisis Seri Program Statistik (SPS) dan deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berkomunikasi dan hasil belajar IPA siswa.

Hasil penelitian menunjukan persentase rata-rata keterampilan komunikasi siswa selama mengikuti  proses pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I sebesar  53.592 % meningkat menjadi 82.29 % pada siklus II, sedangkan hasil belajar IPA siswa mengalami peningkatan dilihat dari rata-rata siklus I sebesar 70.28 menjadi 83.61 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa  melalui model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing dapat meningkatkan keterampilan komunikasi dan hasil belajar IPA siswa kelas VII D MTs Negeri 5 Bantul tahun pelajaran 2018/2019.

 

View / Open Files
Authors
  • Hastiti Priyani
  • Hidayati
  • Astuti Wijayanti
Publication Date

2019-02

Keywords

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing, Hasil Belajar IPA dan Keterampilan Berkomunikasi Siswa.