Almeida Nurmalasari. 2018015229. Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Penerapan Budaya Literasi Digital Menggunakan Media Sistem Aksi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Sumberwatu. Skripsi Jurusan/ Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, 2025.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca pemahaman melalui penerapan budaya literasi digital menggunakan media sistem aksi siswa kelas IV SD Negeri Sumberwatu.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Sumberwatu yang berjumlah 11 siswa. Objek penelitian ini adalah pembelajaran Bahasa Indonesia dengan kompetensi dasar yaitu “Menguraikan pendapat pribadi perihal isi buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya)” melalui penggunaan media pembelajaran sistem aksi. Data diperoleh pada saat pembelajaran di kelas dan dilakukan pada bulan Juli. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes tulis. Validitas instrument dan hasil penelitian dilakukan dengan validitas isi (Content validity) melalui expert judgement.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keatktifan siswa mengalami peningkatan, dari siklus I pertemuan pertama diperoleh persentase 52%, pada pertemuan kedua meningkat menjadi 68%. Pada siklus II pertemuan pertama diperoleh persentase 80%, pada pertemuan kedua meningkat menjadi 86%. Pada siklus III pertemuan pertama 84%, pada pertemua kedua meningkat menjadi 96%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa melalui penggunaan media pembelajaran sistem aksi siswa menjadi lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran membaca pemahaman dan cenderung tidak bosan. Persentase ketuntasan keterampilan membaca pemahaman pada prasiklus adalah 18,18% sedangkan pada siklus I diperoleh persentase yaitu 36,36%. Siklus II diperoleh persentase 63,63% dan siklus III diperoleh persentase 90,90%. Setiap siklus mengalami peningkatan sehingga hal tersebut menunjukkan bahwa melalui penggunaan media pembelajaran sistem aksi dalam pembelajaran keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri Sumberwatu Tahun Ajaran 2021/2022 dapat meningkat.
2025-07
keterampilan membaca pemahaman, media pembelajaran sistem aksi, pembelajaran Bahasa Indonesia.