PERAN GURU DALAM IMPLEMENTASI NILAI MULTIKULTURAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK BERMUATAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IV SD NEGERI TUKANGAN YOGYAKARTA

Abstrak

Hastuti Azis. 2016015391. Peran Guru Dalam Implementasi Nilai Multikultural Pada Pembelajaran Tematik Bermuatan Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV SD Negeri Tukangan Yogyakarta. Skripsi Jurusan/Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, 2020.

 

            Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  peran guru dalam implementasi nilai multikultural pada pembelajaran tematik bermuatan ilmu pengetahuan sosial kelas IV SD Negeri Tukangan Yogyakarta.

            Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Tukangan Yogyakarta. Sumber informasi pada penelitian ini terdiri dari 2 guru wali kelas dan  4 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan meningkatkan ketekunan dan triangulasi (sumber, teknik, dan waktu). Teknik analisis data menggunakan model miles dan Huberman yang terdiri atas data collection (pengumpulan data), data reduction (redusksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan).

            Hasil data menunjukan bahwa (1) peran guru sebagai pengajar dan pendidik serta agen pembaharuan dan pembangunan masyarakat. (2) Nilai-nilai multikultural pada pembelajaran tematik meliputi nilai kemanusiaan, nilai toleransi, nilai tolong menolong, dan nilai keadilan. (3) Faktor pendukung guru dalam implementasi nilai multikultural pada pembelajaran tematik meliputi sarana dan prasarana sudah memadai dan model pembelajaran. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi masih terdapat siswa yang membeda-bedakan siswa lain dan masih terdapat siswa yang membentuk kelompok-kelompok untuk mengucilkan siswa lain.

View / Open Files
Authors
  • Hastuti Azis
  • Trisharsiwi
  • Endah Marwanti
Publication Date

2021-01

Keywords

Peran Guru, Implementasi Nilai Multikultural , Pembelajaran Tematik