PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI GLAGAH

Abstrak

Risya Putri Ramadhanty. 2016015461. Peran Guru Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V SD Negeri Glagah. Skripsi Jurusan/Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, 2020.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peran guru dalam menumbuhkan minat belajar dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas V di SD Negeri Glagah. 
Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Penelitian yang dilakukan di SD Negeri Glagah ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2019/2020 pada bulan Oktober – Agustus. Sumber data yang diperoleh dari penelitian ini meliputi sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer adalah kepala sekolah, guru kelas serta peserta didik kelas V SD Negeri Glagah yang diperoleh melalui wawancara dan observasi. Sedangkan sumber data sekunder adalah lewat orang lain atau lewat dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini peneliti menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman yang terdiri dari beberapa tahap, yaitu pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan konklusi (conclusion).
Hasil dari data yang dikumpulkan menunjukkan bahwa: (1) Peran guru dalam menumbuhkan minat belajar dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas V di SD Negeri Glagah adalah guru sebagai pengajar yang berkualitas yang dapat membuat dan melaksanakan program pembelajaran yang disusun dengan baik guru sebagai motivator yang baik bisa mengelola dan mengendalikan diri sendiri dan peserta didik. (2) Upaya guru dalam menumbuhkan minat belajar dan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Glagah adalah penggunaan metode yang variatif, menggunakan media pembelajaran meskipun sarana prasarana masih tergolong kurang memadai, menciptakan gaya mengajar yang humanis dan humoris. (3) Kendala yang dihadapi oleh guru IPS dalam menumbuhkan minat belajar dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas V SD Negeri Glagah disebabkan oleh faktor internal dan eksternal dari dalam diri siswa. Faktor internal dalam penelitian ini adalah tingkat pemahaman siswa yang berbeda-beda. Sedangkan faktor eksternnalnya adalah faktor dari orang tua dan lingkungan pergaulan dan masyarakat di sekitar siswa. (4) Hambatan guru IPS dalam menumbuhkan minat belajar dan motivasi belajar siswa yaitu terbatasnya sarana prasarana sehingga penggunaan media pembelajaran pun juga seadanya dan penjelasannya pun juga bersifat manual, lingkungan keluarga dan teman-temannya dirumah, hubungan antara guru dan siswa yang kurang terbuka.
 

 

View / Open Files
Authors
  • Risya Putri Ramadhanty
  • Trisharsiwi
  • Dwi Wijayanti
Publication Date

2020-11

Keywords

Peran Guru, Minat dan Motivasi Belajar, Pembelajaran IPS