Berawal dari cinta dan kesukaan penulis terhadap sepak bola lokal di Yogyakarta, lahirlah sebuah ide untuk membantu merancang dan mengelola salah satu brand fashion cassual sepak bola di Yogyakarta, re-branding yang menggunakan merek milik salah satu basis kelompok organisasi supporter THE MAIDENT dari tim sepak bola PSIM Yogyakarta yaitu brand MAIDENT MERCH. Dalam merancang desain Re-branding ini saya selaku penulis memiliki tujuan: 1) Merancang Konsep desain re-branding "MAIDENT MERCH” yang memiliki ciri khas dari atribut fashion sepak bola yang elegan dan kreatif. 2) Menciptakan desain re-branding yang dapat mengenalkan citra dari MAIDENT MERCH kepada masyarakat pecinta bola secara efektif dan sesuai. 3) Memvisualisasikan konsep desain yang mampu menampilkan branding produk “MAIDENT MERCH”.
Konsep penciptaan seni dari perancangan logo dan produk dari brand MAIDENT MERCH ini adalah dengan menggunakan Analisis SWOT dan analisis STP dihasilkanlah target audiens dan konsumen yang akan dituju. Hasil dari analisis tersebut akan menciptakan produk-produk desain dan karya yang dapat merubah kembali citra dari brand MAIDENT MERCH melalui penciptaan kembali logo, produk, t-shirt, syal bola, hang tag label, woven label, kartu nama, X banner/ Standing banner, stiker, dan mug. Dari konsep rebranding tersebut akan menciptakan desain branding yang mendasari ilmu tata desain, konsep mapping media yang tepat, dan konsep desain yang memiliki aplikasi desain rebranding diantaranya : media traffic, media produk, dan media pendukung.
Final Art Work dari perancangan rebranding MAIDENT MERCH menghasilkan produk unggulan dan berkualitas terbaik, khususnya masyarakat pecinta sepak bola di Yogyakarta yang memang cukup fanatik dan besar. Hal tersebut yang mendorong penulis mengangkat salah satu nama brand fashion cassual football. Dari konsep rebranding penulis menciptakan desain rebranding image logo dan produk yang memiliki dasar tatanan ilmu desain, konsep media yang efektif, dan konsep rancangan desain yang didalamnya memiliki aplikasi penerapan desain dan rebranding logo maupun produknya. Desain rebranding divisualisasikan berdasarkan konsep penciptaan melalui penciptaan desain dengan menggunakan aplikasi CorelDRAW X5 dan Photoshop CS3 dan Photoshop CC.
2021-01
Re-branding, Produk, Fashion, MAIDENT MERCH.