Wahyu Tri Widarti. 2019007008. Strategi Pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Bidang Busana di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Yogyakarta Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi. Program Studi Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta, 2023.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi pembelajaran pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan bidang busana, yang meliputi: 1) Perencanaan pembelajaran, 2) Pelaksanaan pembelajaran, dan 3) evaluasi hasil belajar pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan bidang busana di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Yogyakarta Tahun Ajaran 2023/2024. Pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi hasil belajar pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan bidang busana di SMK Negeri 4 Yogyakarta Tahun Ajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan subyek penelitian kepala jurusan, guru pengampu dan siswa tata busana kelas XII di SMK Negeri 4 Yogyakarta pada tahun akademik 2023/2024, sedangkan obyek penelitian ini adalah pembelajaran produk kreatif dan kewirausahaan. Metode pengumpulan data meliputi: wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik, triangulasi sumber dan waktu. Teknik analisis data meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran produk kreatif dan kewirausahaan yang tersedia berupa RPP, silabus, media pembelajaran dan bahan ajar. 2) Pelaksanaan pembelajaran produk kreatif dan kewirausahaan sudah cukup baik yang ditunjukkan oleh beberapa hal: pada awal pembelajaran guru memberikan pertanyaan pemantik; model pembelajaran yang digunakan adalah project based learning dengan strategi pembelajaran kooperatif; metode pembelajaran yaitu menjelaskan materi dengan metode ceramah, kelompok dan tutor teman sebaya; media pembelajaran menggunakan powerpoint dan handout. 3) Evaluasi hasil belajar produk kreatif dan kewirausahaan dilakukan sepanjang pembelajaran pada setiap tahap proses pembuatan produk dan bentuk penilaian evaluasi meliputi penilaian kognitif, afektif dan psikomotor.
2023-12
Strategi Pembelajaran, Produk Kreatif dan Kewirausahaan, SMK